-->

Tips Guru Pemula

Konten [Tampil]
gambar untuk Tips Guru Pemula
Tips Guru Pemula

Banyak hal yang perlu diketahui bagi setiap guru pemula. Menjadi guru sejatinya bukanlah sesuatu yang mudah dan terjadi begitu saja, jenis pekerjaan ini juga terkesan berkesinambungan. Maka oleh sebab itu, perlu kehati-hatian dalam melaksanakan tugas sebagai seorang guru.

Tentu bagi seorang guru pemula, tidak membayangkan hal-hal besar dihadapannya. Justru terkesan senang karena baru diterima dalam suatu lembaga sekolah. Namun perlu ditegaskan, bahwa mengajar bukan merupakan pekerjaan yang dapat dianggap enteng. Perlu adanya keseriusan dalam pelaksanaannya.

Pada kesempatan kali ini, tulisan ini difokuskan pada pendidikan tingkat dasar. Bisa juga bila dikaitkan dalam pendidikan tingkat MDTA/Madrasah Diniyah Takmaliyah. Secara umum, kedua jenjang pendidikan ini adalah saling berkaitan. Dimana usianya sama-sama pada tingkatan dasar. 
Saya akan menguraikan beberapa Tips Guru Pemula yang perlu diketahui bagi guru pemula, yakni:
  1. Tanamkan niat sebaik-baiknya dan setulus-tulusnya. Karena semua hasil yang baik akan berawal dari niat yang baik pula.
  2. Mengerti akan kompetensi guru. Ini merupakan hal yang cukup penting bagi seorang guru. Bagaimana mungkin suatu pekerjaan/profesi itu berjalan dengan baik tanpa mengetahui apa kompetensinya sendiri. Maka oleh sebab itu, bagian ini dianggap penting. Terdapat 4 kompetensi guru beserta uraiannya pada tulisan sebelumnya, kalian dapat membacanya untuk lebih lanjut.
  3. Guru merupakan bidang pekerjaan. Tentu haruslah memandang kompetensi yang ada. Salah satunya yaitu profesional. Profesionallah dalam menjalankan tugas sebagai seorang guru.
  4. Guru bukanlah kepala sekolah. Maka, patuhilah pimpinan kalian ketika kalian menjadi seorang guru.
  5. Berusahalah mengajar saat masih duduk dibangku kuliah. Karena itu akan menambah pengalaman kalian dan tentu kalian akan lebih cepat berkembang dengan sendirinya bilamana nanti berhasil menyelesaikan Strata 1.
  6. Siswa itu manusia, dan seluruh manusia itu bergerak. Bangunlah tingkat kesabaran yang tinggi dalam diri sebelum memulai kegiatan mengajar. Lupakan masalah di luar sekolah. Fokuslah mengajar untuk mencerdaskan anak didik.
  7. Curhatan anak didik itu terlalu panjang kali lebar. Kalian perlu mengontrolnya. Bercerita pengalaman merupakan salah satu trik bagi anak didik agar melewatkan pelajaran hari ini. Mereka tidak akan memikirkan kerugian di kemudian hari, justru gurulah yang harus memandang diri mereka di kemudian hari. Jadi, kontrollah curhatan mereka.
  8. Menaati peraturan, tepat waktu dan tidak ingkar janji terhadap siswa. Ini salah satu cara agar menciptakan rasa hormat anak didik kepada sang guru.
Demikian beberapa tips yang dapat saya berikan. Tips-tips di atas ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Maka oleh sebab itu, mungkin saja terdapat perbedaan disana-sini bergantung pada daerahnya. Tapi secara umum, tips di atas dirasakan setiap guru. Semoga artikel tentang Tips Guru Pemula ini dapat bermanfaat.Jadilah guru, bukan gurupun jadilah.


Jadilah Guru, bukan gurupun jadilah.
Hormat Saya,

Tips Guru Pemula