-->

Guru di Era Milenial Harus Seperti Apa

Konten [Tampil]
Gambar untuk Guru di Era Milenial Harus Seperti Apa
Guru di Era Milenial Harus Seperti Apa

Guru di Era Milenial Harus Seperti Apa? Ini merupakan pertanyaan paling besar yang ada dalam benak kita. Tanpa kita sadari, bahwa kita sekarang sedang berada dalam era milenial. Era ini merupakan era yang rawan, dimana segala sesuatunya itu mulai berubah. Zaman mulai berganti, generasi pun turut berganti. Guru itu pada dasarnya merupakan pendidik bagi para peserta didiknya di sekolah atau di kelas. Itulah tugas yang utama bagi seorang guru atau yang akrab disapa dengan sebutan pendidik. Lantas, apa perbedaan guru masa sebelumnya, dengan guru di era milenial? Mari kita lihat.

Guru di Era Milenial Harus Seperti Apa

Guru milenial dalam pendidikan itu, harus seperti guru yang dimaksudkan dalam undang-undang, yakni sebagai pendidik bagi para peserta didiknya. Ini memang merupakan tugas dasar bagi seorang guru. Nah, hal yang semacam ini tentu jangan sampai di hilangkan atau diganti maknanya. Guru Era Milenial itu harus mampu menyeimbangkan keadaan. Banyak cara yang perlu dilakukan guru saat ini, tentunya dengan tiada henti belajar dan mengikuti perkembangan zaman.
  1. Guru era milenial harus modern.
    Ini adalah tuntutan paling umum. Era Milenial itu ditandai dengan modernisasi. Mengapa demikian? Karena, era milenial itu adalah era dimana teknologi itu sudah menguasai bumi. Bagaimana mungkin guru itu sendiri tidak modern atau sebut saja gaptek. Jangan sampai, guru itu sendiri tertinggal jauh dari pada siswanya di kelas. Bisa-bisa, dipermalukan.
  2. Harus selalu mengikuti perkembangan zaman.
    Ini adalah hal yang paling besar dalam diri seorang guru, yaitu tentang belajar. Jangan sampai, kita sendiri sebagai guru tidak memperhatikan keilmuan yang kita miliki.
  3. Memahami internet
    Ini juga tak kalah penting. Karena, dengan memahami internet, guru akan menjadi lebih tahu tentang bagaimana itu situasi di dunia internet, tentang bagaimana dan apa saja yang harus diakses siswa di internet, dan bagaimana batasan dalam penggunaan internet. Dengan mengetahui hal yang demikian, guru itu semakin terlihat lebih modern dan dewasa di era milenial ini. Hal yang perlu diingat adalah bahwa siswa di era milenial itu sudah lebih paham tentang internet. Lantas, kita sebagai guru selayaknyalah tidak ambil diam dalam hal ini. Perbenah diri, coba mempelajari tentang apa itu internet yang luas.
  4. Modern dengan media pembelajaran
    Nah, hal satu ini memang kerap menjadi tantangan seorang guru sejak dahulu, yaitu tentang media pembelajaran. Terkadang, media pembelajaran itu terkesan kuno, sehingga berdampak pada sifat acuh siswa. Tentu, dalam hal ini guru perlu membenahi diri dengan berupaya memberikan informasi yang menarik dan menyiapkan media yang menarik dan mendidik.
Dengan berbagai cara di atas, akan lebih memudahkan guru dalam meluruskan cara pandang siswa, terlebih bagi siswa yang sudah memiliki pengetahuan dunia internet. Dengan begitu luasnya internet, pemikirannyapun akan sangat liar. Oleh sebab itu, diperlukan seorang pembimbing atau guru untuk meluruskan cara pandang siswa. Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Rohmatunnazilah, dengan judul Menjadi Guru Milenial, dipublikasikan oleh koranbernas.id menjelaskan bahwa terdapat suatu hal yang penting untuk menjadi guru milenial, salah satunya yaitu tentang bagaimana cara guru meluruskan cara cara pandang siswa. (Sumber: https://www.koranbernas.id/berita/detail/menjadi-guru-milenial, diterbitkan pada Rabu, 10 Okt 2018 pukul 20:25:30 WIB).


Daftar Bacaan:
https://www.koranbernas.id/berita/detail/menjadi-guru-milenial, diakses pada 5 April 2019, pukul 19.00 WIB.

Guru di Era Milenial Harus Seperti Apa