-->

Prosem TK PAUD

Konten [Tampil]
Prosem PAUD yang sering kita dengar adalah bagian dari administrasi PAUD. Untuk itu, yang namanya administrasi, ya wajib untuk dilengkapi. Disamping itu, mengacu pada pengertian dari Prosem PAUD ini dapat digambarkan adalah sebagai acuan dari pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dalam satuan lembaga PAUD. Untuk itu Lembaga TK PAUD perlu untuk mengadakan atau membuat semacam administrasi Prosem TK PAUD ini.

Bagaimana cara membuatnya?

Menurut saya, TK PAUD itu memiliki kewenangan untuk membuat kurikulum sendiri dalam lingkungan lembaganya. Namun, kewenangan itu walau berbentuk kebebasan, bukan berarti kebebasan yang diberikan itu tidak ada batasan sama sekali. Tetap ada batasan yang diberikan. Adapun kurikulum yang merupakan bagian dari kurikulum pendidikan di Indonesia, tetaplah untuk diikutsertakan, dan tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Bisa saja bila hal ini diabaikan, maka lembaga TK  PAUD dikenakan sangsi.

Adapun kebebasan maksudnya disini adalah penambahan dari kurikulum standar yang dari pemerintah sendiri. Melakukan modifikasi terhadap kurikulum yang ada merupakan kegiatan yang disarankan. Untuk itu, diperlukan pemahaman yang relevan untuk hal ini agar nantinya dalam pembuatan Program kurikulum di Indonesia tidak terlanggar.


Prinsip Kurikulum TK PAUD

Adapun yang menjadi prinsip dalam kurikulum disini adalah kurikulum itu merupakan acuan dalam satuan lembaga TK PAUD dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan belajar kepada masyarakat sekolah. Prinsipnya adalah bahwa kurikulum itu dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing, namun dalam hal modifikasinya, tidak terlepas dari pada yang diatur dalam perundang-undangan yang ada di Indonesia. Modifikasilah sesuai dengan kondisi lembaga, dan yang paling penting adalah upayakan untuk senantiasa mengacu pada perundang-undangan yang berlaku agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Demikian artikel tentang Prosem TK PAUD ini. Semoga dapat memberikan pandangan baru dan manfaat bagi anda sekalian. Bila terdapat kekurangan, saya memohon maaf dan bisa berikan saya kritikan dan saran untuk perbaikan kedepannya. Terimakasih atas kunjungan anda.

Prosem TK PAUD